Text
Pengaruh model pembelajaran core berbantuan powerpoint terhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari kemampuan awal matematika siswa SMP Swasta di Batam
ABSTRAK
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CORE BERBANTUAN POWERPOINT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA
SMP SWASTA DI BATAM
ADELINA CAROLIN PANE
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) berbantuan powerpoint terhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari kemampuan awal matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SMPS Tunas Baru Jin Seung Batam dan SMPS Visi Kudus Batam. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII SMPS Tunas Baru Jin Seung Batam sebagai kelas eksperimen dan SMPS Visi Kudus Batam sebagai kelas Kontrol. Hasil penelitian ini adalah 1) Model pembelajaran CORE berbantuan powerpoint memberikan pengaruh yang positif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Hal ini telah terlihat dari kemampuan komunikasi matematis yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran pembelajaran CORE berbantuan powerpoint lebih tinggi dibanding peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional. 2) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan komunikasi matematis. 3) Pada kelompok siswa yang memiliki kemampuan awal matematika tinggi, terdapat perbedaan secara signifikan kemampuan pemahaman matemati santara siswa yang diajar dengan model pembelajaran CORE berbantuan powerpoint dan konvensional.
Kata kunci: Model Pembelajaran CORE, Kemampuan Komunikasi Matematis, Kemampuan Awal Matematika
Bibliografi : lembar 124-128
TM00005947 | TM 5947 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain