Text
Pengaruh concept attainment model terhadap kemampuan komunikasi matematis dan self confidence ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa SMK Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Concept Attainment Model pada kemampuan komunikasi matematika dan self confidence ditinjau kemampuan matematika awal siswa kejuruan. Desain penelitian ini adalah eksperimental post-test dan desain kelompok kontrol. Metode yang digunakan adalah metode kuasi-eksperimen menggunakan perlakuam dengan desain level 2x2. Kelas eksperimen diperlakukan dengan Concept Attainment Model, sedangkan kelas kontrol diperlakukan dengan model konvensional. Sampel penelitian ini adalah 84 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket self confidence dan tes kemampuan komunikasi matematis. Teknik analisis data menggunakan Anava dua arah. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) kemampuan komunikasi matematis siswa yang diberikan dengan Concept Attainment Model lebih tinggi daripada keterampilan komunikasi matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional, 2) terdapat interaksi antara kemampuan matematika awal dengan pembelajaran. model keterampilan komunikasi matematis siswa, 3) kemampuan komunikasi matematis siswa yang diperlakukan dengan Concept Attainment Model lebih tinggi 9,0 poin (tes) dan 16,6 poin (observasi) dibandingkan dengan siswa yang diperlakukan dengan model pembelajaran konvensional dalam kelompok siswa yang memiliki kemampuan awal matematika yang tinggi, 4) kemampuan komunikasi matematika siswa yang diberi perlakuan dengan Concept Attainment Model lebih tinggi 5,8 poin (tes) dan 16,1 poin (observasi) dibandingkan dengan siswa yang diperlakukan dengan model pembelajaran konvensional pada kelompok siswa yang memiliki kemampuan awal matematis yang rendah, 5) self confidence siswa dalam pembelajaran matematika yang diberi perlakuan Concept Attainment Model lebih tinggi 2,3 poin dibandingkan siswa yang diberikan model pembelajaran konvensional.
Kata kunci: kemampuan awal matematika, keterampilan komunikasi matematis, kepercayaan diri, Concept Attainment Model (CAM)
Bibliografi : lembar 114-117
TM00005949 | TM 5949 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain