Text
Desain pembelajaran statistika untuk menumbuhkan kemampuan literasi statistik pada siswa kelas VIII SMP menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI)
ABSTRAK
LUKMAN FAKHMI. Desain Pembelajaran Statistika untuk Menumbuhkan Kemampuan Literasi Statistik pada Siswa Kelas VIII SMP Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Tesis. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika Jenjang Magister, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Agustus 2019.
Statistika memiliki peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu kemampuan yang harus dimiliki masyarakat sebagai hasil dari sekolah adalah literasi statistik. Tujuan penelitan ini adalah mengembangkan desain pembelajaran statistika untuk menumbuhkan kemampuan literasi statistik pada siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Palembang dengan menggunakan pendekatan PMRI. Penelitian ini menggunakan metode design research yang terdiri dari tiga fase, yaitu persiapan dan desain, eksperimen mengajar, dan analisis retrospektif. Penelitian ini dilakukan sebanyak 6 pertemuan yang terdiri dari 11 aktivitas. Konteks yang digunakan pada proses pembelajaran adalah Indeks Massa Tubuh (IMT) dengan bantuan dot plot. Analisis retrospektif menunjukkan bahwa penerapan PMRI cocok diterapkan pada pembelajaran statistika. Hasil penelitian dari ini menunjukkan bahwa siswa mampu mengerjakan soal-soal statistika dalam upaya untuk menumbuhkan kemampuan literasi statistiknya.
Kata kunci: Design Research, PMRI, Literasi Statistik, Dot Plot
Bibliografi : lembar 234-238
TM00005950 | TM 5950 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain