Text
Pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis ditinjau dari self-efficacy siswa SMP Negeri di Kota Karawang
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-EFFICACY
SISWA SMP NEGERI DI KOTA KARAWANG
RIZKI JAMIATUL SABARIYAH
Pendidikan Matematika Universitas Negeri Jakarta
rizkijs93@gmail.com
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis ditinjau dari self-efficacy siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental dengan desain penelitian the posttest only design untuk kemampuan berpikir reflektif matematis ditinjau dari self-efficacy siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas VII di SMPN 1 dan 2 Kotabaru Kota Karawang pada semester genap Tahun Ajaran 2018/2019 sebanyak 100 siswa. Hasil penelitian ini ialah (1) kemampuan berpikir reflektif matematis siswa yang diberi perlakuan menggunakan model problem based learning (PBL) lebih tinggi daripada siswa yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran konvensional; (2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan self-efficacy terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis siswa; (3) kemampuan berpikir reflektif matematis siswa terhadap siswa dengan self-efficacy tinggi yang diberi perlakuan model problem based learning (PBL) lebih tinggi daripada siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran konvensional; (4) kemampuan berpikir reflektif matematis siswa terhadap siswa dengan self-efficacy rendah yang diberi perlakuan model problem based learning (PBL) lebih rendah daripada siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran konvensional.
Kata kunci: Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Reflektif,
Self-Efficacy
Bibliografi : lembar 91-95
TM00005962 | TM 5962 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain