Text
Pengaruh metode latihan dan koordinasi terhadap keterampilan servis dalam permainan bola voli (Studi eksperimen siswa peserta ekstrakurikuler bola voli SMK Negeri 21 Jakarta)
PENGARUH METODE LATIHAN DAN KOORDINASI TERHADAP
KETERAMPILAN SERVIS ATAS BOLA VOLI
( Studi Eksperimen Pada siswa Peserta Ekstakurikuler Bola Voli SMK Negeri 21 Jakarta)
SUDIBYO
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang Pengaruh Metode
Latihan Dan Koordinasi Terhadap Keterampilan Servis Atas Bola Voli. Metode dalam
penelitian ini menggunakan eksperimen dengan desain treatment by level 2x2.Teknik analisis
menggunakan analisis variansi ( ANAVA) dua jalur, dilanjutkan dengan Uji Tukey pada taraf
signifikansi α = 0,05 . Diperoleh : (1) Secara keseluruhan keterampilan servis atas bola voli
kelompok siswa yang diberi perlakuan Metode Latihan Bagian lebih baik daripada siswa yang
diberi perlakuan Metode Latihan Keseluruhan (Fhitung = 5,865 > Ftabel =4,11);((2) terdapat
interaksi antara Metode Latihan dan koordinasi terhadap keterampilan servis atas bola voli
(Fhitung = 7,83 > Ftabel = 4,11);(3)kelompok yang diberi perlakuan Metode Latihan Bagian lebih
baik daripada kelompok yang diberi perlakuan Metode Latihan Keseluruhann terhadap
keterampilan servis atas bola voli bagi siswa yang memiliki koordinasi tinggi (Qhitung = 6,543 >
Qtabel = 3,89);(4) kelompok yang diberi perlakuan Metode Latihan Keseluruhan lebih baik
daripada kelompok yang diberi perlakuan Bagian terhadap keterampilan servis atas bola voli
bagi siswa yang memiliki koordinasi rendah (Qhitung = 4,341 > Qtabel = 3,389). Diharapkan kepada
guru untuk memilih dan menerapkan Metode Latihan yang disesuaikan dengan tingkat
koordinasi siswa. Untuk itu agar mempertimbangkan Metode Latihan yang disesuaikan dengan
materi pembelajaran.
Kata kunci : Metode Latihan, Koordinasi, keterampilan servis atas bola voli
Bibliografi : lembar 87-93
TM00006009 | TM 6009 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain