Text
Model pembelajaran tolak peluru untuk siswa Sekolah Dasar
MODEL PEMBELAJARAN TOLAK PELURU UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR
ABSTRAK
Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk model pembelajaran tolak peluru untuk siswa sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan untuk dapat memperoleh informasi penerapan model pembelajaran tolak peluru untuk siswa sekolah dasar serta untuk mengetahui efektivitas model yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development (R&D) dari Borg and Gall. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa sekolah dasar yang terdiri dari 60 siswa.
Tahapan-tahapan dalam penelitian ini adalah: analisis kebutuhan, evaluasi ahli (evaluasi produk awal), uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar (field testing). Uji efektivitas model menggunakan tes keterampilan yang digunakan untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa sebelum dan sesudah pemberian perlakuan model pembelajaran tolak peluru. Tes awal yang dilakukan diperoleh tingkat kemampuan siswa adalah 8.4. Setelah diberikan perlakuan model pembelajaran tolak peluru didapatkan tingkat kemampuan 10.08. Pada uji signifikan perbedaan dengan SPSS 16 didapatkan mean= -1.6.38 menunjukkan selisih dari hasil pre-test dan hasil post-test, hasil t-hitung= -14.027 DF=59 dan p-value= 0.00 < 0.05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan model pembelajaran tolak peluru.
Dengan demikian model pembelajaran efektif untuk meningkatkan keterampilan tolak peluru untuk siswa sekolah dasar.
Kata Kunci: Model, Pembelajaran, Tolak peluru, Sekolah Dasar
Bibliografi : lembar 117-121
TM00006012 | TM 6012 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain