Text
Meningkatkan kemampuan representasi multiple matematis dan self-efficacy siswa SMA melalui pembelajaran dengan pendekatan PMRI ditinjau dari kemampuan awal matematis
MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI
MULTIPLE MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMA
MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PMRI
DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS
DEVYA PERMATA SARI
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan pendekatan
PMRI dalam meningkatkan representasi multiple matematis dan self-efficacy
siswa SMA. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain
penelitian berdasarkan The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design.
Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 3 dan X IPA 6 di SMAN 1
Tajurhalang dan X IPA 1 dan X IPA 2 di SMAN 1 Bojonggede. Hasil penelitian
ini adalah (1) Terdapat perbedaan peningkatan representasi multiple matematis
dengan pendekatan PMRI lebih tinggi daripada konvensional; (2) Terdapat
interaksi antara pendekatan pembelajaran dan KAM terhadap representasi
multiple matematis; (3) Terdapat perbedaan peningkatan representasi multiple
matematis dan KAM tinggi dengan pendekatan PMRI lebih tinggi daripada
konvensional; (4) Tidak terdapat perbedaan peningkatan representasi multiple
matematis dengan KAM rendah dengan pendekatan PMRI dan dan konvensional;
(5) Terdapat perbedaan peningkatan self-efficacy dengan pendekatan PMRI lebih
tinggi daripada konvensional; (6) Terdapat interaksi antara pendekatan
pembelajaran dan KAM terhadap self-efficacy matematis siswa; (7) Terdapat
perbedaan peningkatan self-efficacy dengan KAM tinggi yang diberi perlakuan
pendekatan pembelajaran PMRI lebih tinggi daripada yang diberi perlakuan
pendekatan pembelajaran konvensional; (8) Tidak terdapat perbedaan peningkatan
self-efficacy siswa dengan KAM rendah yang diberi perlakuan pendekatan
pembelajaran PMRI dan yang diberi perlakuan pendekatan pembelajaran
konvensional.
Kata Kunci: Pendekatan Pembelajaran PMRI, Kemampuan Representasi
Multiple Matematis, Self-Efficacy, Kemampuan Awal Matematika
Bibliografi : lembar 138-142
TM00005989 | TM 5989 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain