Text
Meningkatkan keterampilan sepak sila pada sepak takraw melalui media alat bantu (Penelitian tindakan di SMP N 232 DKI Jakarta)
MENINGKATKAN KETERAMPILAN SEPAK SILA PADA SEPAK TAKRAW MELALUI MEDIA ALAT BANTU
(Peneltian Tindakan DI SMP N 232 DKI Jakarta)
MUHAMMAD SYAIFUDIN
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menegetahui peningkatan hasil latihan sepak sila pada sepak takraw melalui media pada siswa ekstrakurikuler SMP N 232 DKI Jakarta. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 20 orang siswa. Metode penelitian yang di gunakan adalah penetian tindakan dengan desain Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini terdiri dari II (dua) siklus dan setiap siklus terdiri dari delapan kali pertemuan, setiap akhir pertemuan di lakukan tes, tes yang di gunakan adalah tes keterampilan sepak sila dalam permainan sepaktakraw.
Hasil penelitian dari 20 orang siswa ini di peroleh hasil tes sepaksila yaitu hasil tes pra siklus yang tuntas adalah 6 orang siswa kemudian mengalami peningkatan pada sisklus I sebanyak 14 orang siswa dan terus meningkat pada silus II sebanyak 19 orang siswa. Oleh karena itu pada siklus II kriteria keberhasilan telah tercapai maka peneliti tidak perlu melakukan tindakan pada siklus selanjutnya. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa latihan dengan menggunakan media dapat meningkatkan hasil keterampilan sepak sila pada siswa ekstrakurikuler SMP N 232 DKI Jakarta.
Kata Kunci: Sepaksila, Sepaktakraw, Media Alat Bantu
Bibliografi : lembar 95-97
TM00006005 | TM 6005 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain