Text
Osilator pegas sebagai perangkat Case Based Learning (CBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa
OSILATOR PEGAS SEBAGAI PERANGKAT CASE BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
KRISTINA USKENAT
ABSTRAK
Pembelajaran fisika adalah proses menciptakan kondisi dan peluang agar siswa dapat mengkontruksi pengetahuan, sikap dan keterampilan proses yang membutuhkan sarana untuk mencapai tujuan pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan 62,6 % siswa belum pernah melakukan praktikum osilator pegas, maka perlu dikembangkan alat praktikum osilator pegas sebagai media dalam pembelajaran fisika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan alat praktikum osilator pegas serta meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Indramayu dan SMAN 2 Indramayu pada bulan juli-agustus 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode research & development. Alat yang dikembangkan menggunakan sensor jarak laser tipe VL53lX sebagai pengukur jarak, vibrator yang terbuat dari koil sebagai pengetar system pegas dan LCD dan laptop untuk menampilkan hasil percobaan. Sistem kontrol menggunakan arduino nano. Alat praktikum ini dapat digunakan untuk menentukan nilai konstanta pegas, menentukan nilai frekuensi alamiah sistem pegas dan menentukan besar amplitude dan periode berdasarkan grafik akibat gaya luar. Hasil uji coba konstanta pegas mendapat nilai rata-rata sebesar 6,527 N/m, nilai rata-rata frekuensi alami system sebesar 1,672 Hz dan nilai amplitudo maksimum 4,8 cm dan periode 0,59 s. Hasil validasi ahli dari ahli media, ahli materi dan ahli pembelajaran secara berturut-turut adalah 85,16%; 90,04%; dan 86,90%. Hasil N-gain uji coba lapangan sebesar 0,688 dan 0,680. Dari hasil disimpulkan bahwa alat praktikum osilator pegas yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Osilator pegas, case based learning, hasil belajar
Bibliografi : lembar 59-63
TM00006000 | TM 6000 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain