Text
Pengembangan perangkat pembiasan cahaya untuk Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan analisis siswa SMA
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBIASAN CAHAYA UNTUK PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS SISWA SMA
LISTIYAH NURYAKIN
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media dalam proses pembajaran fisika dan mengetahui peningkatan kemampuan analisis siswa. Penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian dilakukan pada bulan Juli-Agustus 2019 di SMAN 1 dan 2 Indramayu. Alat peraga pembiasan cahaya telah melalui uji validasi yang melibatkan ahli materi, ahli media dan ahli pembelajaran dengan persentase pencapaian 92,36% menurut ahli materi dan 85.24% menurut ahli media, dan menurut ahli pembelajaran sebesar 95.08%. Uji coba alat peraga dilakukan di SMAN 2 Indramayu Jawa Barat sebanyak 23 siswa dengan persentase pencapaian 90.56%. Hasil penelitian menunjukan bahwa alat peraga termasuk dalam kategori layak dan pencapaian kemampuan analisis siswa mengalami peningkatan.
Kata Kunci : alat peraga, R&D, PBL, pembiasan cahaya pada prisma, kemampuan analisis
Bibliografi : lembar 70-74
TM00005999 | TM 5999 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain