Text
Pengembangan e-handout pada materi gerak harmonik sederhana untuk peserta didik dengan dengan gaya belajar kinestetik
ABSTRAK
CINDI EFITAYANI. Pengembangan E-Handout pada materi Gerak Harmonik
Sederhana Untuk Peserta Didik dengan Gaya Belajar Kinestetik. Di bawah
bimbingan YETTI SUPRIYATI, A. HANDJOKO PERMANA.
Karakter peserta didik berhubungan langsung dengan hasil belajarnya.
Kemampuan peserta didik dalam memahami dan menyerap materi pembelajaran
pasti berbeda-beda, baik itu dalam menghadapi abstraksi, memecahkan masalah
dan juga dalam belajar. Selama ini guru kurang menyadari akan masalah tersebut
sehingga dalam proses pembelajaran guru tidak memperhatikan jenis gaya belajar
yang dimiliki peserta didik. Selain itu, bahan ajar yang banyak digunakan di
sekolah yaitu hanya berupa buku cetak dan juga LKS. Berdasarkan hal tersebut
penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan bahan ajar
fisika berupa E-Handout pada materi Gerak Harmonik Sederhana khususnya
untuk peserta didik dengan gaya belajar kinestetik. Penelitian ini menggunakan
metode Research and Development (R&D) dengan Model Penelitian dan
pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Tahapan model
pengembangan ADDIE dilakukan melalui lima tahap, yaitu Analyze,Desain
Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen penilaian produk
didapat dari pengumpulan data berupa angket (kuisioner) dengan skala Likert.
Hasil uji kelayakan oleh ahli materi diperoleh skor sebesar 80,54%, ahli media
sebesar 87,85%, ahli pembelajaran sebesar 91,41%, guru sebesar 94,29%, uji coba
kepada peserta didik kelompok kecil sebesar 77,92%, dan uji coba kelompok
besar sebesar 81,32%. Rerata skor secara keseluruhan yaitu sebesar 85,55%.
Dapat disimpulkan E-Handout pada materi Gerak Harmonik Sederhana untuk
Peserta Didik dengan Gaya Belajar Kinestetik dikategorikan sangat layak sebagai
bahan ajar untuk peserta didik kinestetik.
Kata Kunci: E-Handout, Gerak Harmonik Sederhana, Gaya Belajar, Kinestetik.
Bibliografi : lembar 65-67
SS00022162 | SK 22162 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain