Text
Pengaruh penerapan model project based learning terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit terintegrasi pendidikan lingkungan hidup
ABSTRAK
ANNISA HELDIANA: Pengaruh Penerapan Model Project-Based Learning
Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Larutan
Elektrolit dan Non Elektrolit Terintegrasi Pendidikan Lingkungan Hidup.
SKRIPSI. Jakarta: Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika
dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Juli 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif penerapan
model Project-Based Learning terhadap keterampilan berpikir kritis peserta
didik pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit terintegrasi pendidikan
lingkungan hidup. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi
Experimental Design
dengan Posttest Only Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan
sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Subjek penelitian
adalah peserta didik Kelas X MIA 1 dan Kelas X MIA 4 SMA Negeri 87
Jakarta Tahun Ajaran 2018/2019 yang masing-masing kelas berjumlah 34
peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah
instrumen tes yang dibuat sesuai dengan indikator berpikir kritis menurut
AAC&U. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t. Berdasarkan
analisis statistik diperoleh perbedaan keterampilan berpikir kritis peserta
didik pada kelas kontrol dan kelas eksperimen (thitung = 2,763 ; ttabel = 1,668
maka thitung>ttabel). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
positif model Project Based Learning terhadap keterampilan berpikir kritis
peserta didik pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit terintegrasi
pendidikan lingkungan hidup.
Kata kunci: Project based learning, keterampilan berpikir kritis, larutan
elektrolit dan non-elektrolit terintegrasi PLH
Bibliografi : lembar 45-47
SS00022165 | SK 22165 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain