Text
Pengaruh model pembelajaran Guided discovery learning disertai Argument mapping terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik SMA pada materi perubahan lingkungan
ABSTRAK
ARIN SABRINA AHMAD. Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery
Learning Disertai Argument Mapping terhadap Keterampilan Berpikir Kritis
Peserta Didik SMA pada Materi Perubahan Lingkungan. Di bawah bimbingan
RIZHAL HENDI RISTANTO, RATNA KOMALA.
Berdasarkan perkembangan pendidikan di Indonesia saat ini, guru masih
membelajarkan dengan cara yang membuat peserta didik menghafal pelajaran.
Dibutuhkan model pembelajaran yang dapat mendukung peserta didik untuk
berpikir kritis. Salah satu model pembelajaran yang dapat mendukung peserta didik
untuk berpikir kritis adalah melalui penerapan model guided discovery learning
disertai argument mapping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
model pembelajaran guided discovery learning disertai argument mapping terhadap
keterampilan berpikir kritis peserta didik SMA pada materi perubahan lingkungan.
Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 89 Jakarta pada bulan April-Mei 2019.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretestposttest control group. Kelas sampel penelitian dipilih secara simple random
sampling. Uji prasyarat yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan uji
Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas menggunakan uji-F. Pengujian hipotesis
statistika menggunakan uji-t independen memeproleh hasil tolak H0 pada α = 0,05
yang berarti terdapat pengaruh model guided discovery learning disertai argument
mapping terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik SMA pada materi
perubahan lingkungan.
Kata kunci: Argument mapping, berpikir kritis, guided discovery learning,
perubahan lingkungan.
Bibliografi : lembar 39-44
SS00022166 | SK 22166 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain