Text
Penerapan model project based learning terhadap hasil belajar pada mata kuliah struktur kayu 1
Penerapan Model Project Based Learning Terhadap Hasil
Belajar Mata Kuliah Struktur Kayu I
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan
kemampuan berpikir kritis peserta didik yang telah melaksanakan model project
based learning dengan jenis proyek yang berbeda, yaitu proyek laporan sebagai
kelompok kontrol dan proyek maket sebagai kelompok eksperimen. Metode
penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan jumlah sampel 36
yang terbagi menjadi masing masing kelompok 18 peserta diidk. Peserta didik
dibagi menjadi masing masing 9 kelompok berisikan 2 orang, selanjutnya
sebanyak 9 kelompok diberikan proyek maket dan 9 kelompok lainnya diberikan
proyek perhitungan selama durasi 4 pertemuan. Selanjutnya seluruh sampel
diberikan tes tertulis untuk menguji kemampuan menganalisa yang difasilitasi
dalam Ujian Akhir Semester. Berdasarkan uji T independen test dengan bantuan
SPSS didapat hasil -3,11 dan nilai T tabel adalah 2,306 dengan
demikian hitung tabel t t maka berarti tidak terdapat perbedaan terhadap hasil belajar
Struktur Kayu 1 menggunakan proyek laporan dengan menggunakan proyek
maket.
Kata Kunci : PBL, Hasil Belajar, Struktur Kayu I
Bibliografi : lembar 39-40
SS00022193 | SK 22193 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2019.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain