Text
Pengembangan media pembelajaran board game pada materi pengolahan hidangan daging kontinental untuk siswa kelas XI tata boga SMKN 1 Setu
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BOARD GAME PADA MATERI PENGOLAHAN HIDANGAN DAGING KONTINENTAL UNTUK SISWA KELAS XI TATA BOGA SMKN 1 SETU
TAMARA SHEILA PUTRI
Pembimbing : Guspri Devi Artanti dan Rina Febriana
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran board game Pengolahan Hidangan Daging Kontinental, sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Pengolahan dan Penyajian Makanan di SMKN 1 Setu. Model penelitian yang digunakan merupakan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 6 tahapan, yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Implementasi ahli dilakukan kepada ahli media dann ahli materi. Implementasi siswa dilakukan pada siswa SMKN 1 Setu secara perorangan, kelompok kecil dan lapangan. Hasil yang didapatkan pada uji kelayakan ahli media sebesar 74% dapat disimpulkan bahwa board game memiliki kualitas yang layak. Persentase yang diperoleh dari uji kelayakan ahli materi adalah 83,75% dapat disimpulkan bahwa materi pada board game memiliki kualitas yang sangat layak. Persentase pada uji coba perorangan sebesar 90,67% berarti kualitas media pembelajaran sangat layak, persentase uji coba kelompok kecil sebesar 92,8% yang berarti kualitas board game sangat layak dan persentase uji coba lapangan sebesar 95,60% berarti kualitas media pembelajaran sangat layak. Hasil implementasi ahli dan siswa menunjukkan bahwa media pembelajaran board game sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Pengolahan dan Penyajian Makanan.
Kata Kunci : Pengembangan Media Pembelajaran, Board Game, Hidangan Daging Kontinental
Bibliografi : lembar 98-100
SS00022230 | SK 22230 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2019.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain