Text
Designing novel appreciation assessment in google classroom platform
ABSTRAK
PUTRI ANDRAWATI. 2019. Rancangan Penilaian Apresiasi Novel di Google Classroom. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Agustus 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk merancang penilaian apresiasi novel dalam matakuliah Literary Appreciation melalui Google Classroom. Untuk membuat desain tugas penilaian yang tepat, peneliti menggunakan Metodologi Penelitian Berbasis Desain. Design Based Research digunakan untuk merancang produk dari proses belajar mengajar, terutama dalam pembelajaran online. Terdapat enam siklus mikro yang didasarkan pada teori McKenney and Reeves (2012) untuk merancang tugas penilaian dalam Desain Berbasis Penelitian. Siklus pertama (mikro-siklus 1 / analisis dan eksplorasi) membahas analisis kebutuhan yang dilakukan untuk menemukan kebutuhan siswa dalam belajar Literary Appreciation. Siklus kedua (siklus mikro 2 / desain dan konstruksi) membahas hasil indikator apresiasi novel, tugas penilaian apresiasi novel, dan rubrik penilaian dibangun. Siklus ketiga (siklus mikro 3 / evaluasi dan refleksi) membahas evaluasi tugas penilaian. Siklus keempat (siklus mikro 4 / analisis dan eksplorasi) membahas analisis hasil desain penilaian penghargaan novel. Siklus kelima (siklus mikro 5 / desain dan konstruksi) membahas desain akhir dari tugas penilaian apresiasi novel. Siklus terakhir (siklus mikro 6 / evaluasi dan refleksi) membahas evaluasi untuk tugas penilaian apresiasi novel. Subjek penelitian adalah 40 orang mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Negeri Jakarta pada kelas Apresiasi Sastra. Data penelitian ini adalah silabus mata kuliah Apresiasi Sastra di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Jakarta, silabus mata kuliah Apresiasi Sastra dari beberapa universitas, dan teori Apresiasi Sastra dari para ahli, dan jawaban untuk pembelajaran apresiasi novel perlu analisis. Produk dari penelitian ini adalah desain penilaian penghargaan baru di Platform Google Classroom. Berdasarkan evaluasi akhir, dapat disimpulkan bahwa desain sesuai untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Keyword: apresiasi novel, penilaian, google classroom, literary appreciation
Bibliografi : lembar 72-73
SS00022666 | SK 22666 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2016.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain