Text
EFL Textbook evaluation criteria: from SMA teachers' perspective
ABSTRAK
Feralia Sukris, 2019. Kriteria Evaluasi Buku Teks Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing:
dari Pandangan Guru: Tesis, Jakarta: Program Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa
dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Agustus 2019.
Buku teks memiliki peran penting dalam proses belajar-mengajar dan dalam program
pendidikan. Studi ini ditargetkan untuk menyelidiki kesesuaian "Bahasa Inggris" dari BSE
untuk siswa EFL SMA (Sekolah Menengah Atas) di Indonesia dari pandangan guru. Para
peserta penelitian terdiri dari 20 guru bahasa Inggris (bersertifikat dan tidak bersertifikat)
yang dipilih secara acak dari berbagai SMA di Jakarta. Evaluasi buku teks dilakukan melalui
kriteria yang diadaptasi yang dikembangkan oleh Litz (2005). Daftar periksa adalah skala
Likert 5 poin dan tiga kriteria termasuk subjek dan konten, kegiatan, dan keterampilan dari
tujuh kriteria dalam kriteria Litz dipilih untuk penelitian ini. Hasil penelitian mengungkapkan
bahwa persepsi guru tentang kriteria ini secara umum menguntungkan. Hasil dari penelitian
ini dapat membantu bagi para guru untuk menggunakan teknik pengajaran yang sesuai untuk
mengkompensasi kekurangan buku teks dan bahan pengembang dan silabus dan desainer
kurikulum di Kementerian Pendidikan (Kemendikbud) dan pakar pedagogis lainnya untuk
merevisi buku teks saat ini atau mengadopsi buku teks baru sebagai gantinya.
Kata Kunci: EFL, buku teks bahasa Inggris, evaluasi, SMA, guru, siswa
Bibliografi: lembar 30-34
SS00022684 | SK 22684 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain