Text
The use of gesticulated reading in VIII D of SMPN 8 Jakarta and student responses toward it
ABSTRAK
Ignatius Yuliangga Pratama Putra. THE USE OF GESTICULATED READING IN VIII D of SMPN 8 JAKARTA AND STUDENTS’ RESPONSES TOWARD IT. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta
Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran pembelajaran Bahasa Inggris materi Naratif Teks menggunakan teknik Gesticulated Reading. Teknik Gesticulated Reading adalah teknik membaca dengan menggunakan gestur atau gerak tubuh pembaca. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif dilakukan untuk mendapatkan gambaran gerak tubuh yang dilakukan oleh Guru maupun siswa pada saat teknik Gesticulated Reading tersebut digunakan dan juga respon siswa terhadap penggunaan teknik tersebut. Instrumen kuesioner digunakan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap teknik tersebut. Menggunakan penggolongan gestur berdasarkan Mc Neill (1992) yaitu Iconic Gesture, Deictic Gesture, Metaphoric Gesture, dan Beat Gesture, ditemukan bahwa dalam narrative teks iconic gesture adalah tipe yang paling sering digunakan. Respons siswa menurut kuesioner yang mereka isi adalah mereka cukup puas, bahagia, dan tertarik untuk menggunakan Teknik tersebut meskipun mereka masih kurang percaya diri untuk memakainya.
Kata Kunci: Naratif Teks, respons, Siswa, Guru, Gesticulated Reading
Bibliografi : lembar 48-51
SS00022682 | SK 22683 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain