Text
Pembelajaran musik untuk anak di Taman Kanak-kanak Nasional 1 Bekasi
ABSTRAK
Laras Auspisia. 2019. Pembelajaran Musik untuk Anak di TK Nasional 1 Bekasi. Program Studi Pendidikan Musik, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan pembelajaran musik untuk anak ditinjau dari model pembelajaran musik Dalcroze, Kodaly, dan Orff. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode dekskriptif kualitatif. Tempat penelitian dilakukan di sekolah Taman Kanak-kanak Nasional 1 Bekasi. Waktu penelitian dilakukan pada bulan November 2018. Data yang dikumpulkan berdasarkan hasil dari observasi lapangan, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian Pembelajaran Musik untuk Anak di Taman Kanak-kanak Nasional 1 Bekasi yaitu materi yang digunakan dalam pembelajaran menyesuaikan usia dan kemampuan anak TK, dengan mengajarkan mengikuti irama pada lagu, mempelajari alat musik ritmis sederhana, guna memudahkan anak dalam menghafal dan berhasillnya tujuan pembelajaran musik dengan baik. Model pembelajaran musik yang digunakan yaitu model pembelajaran musik Dalcroze, Kodaly, dan Orff. Penerapan ketiga model pembelajaran tersebut tidak selalu berdiri sendiri, melainkan dalam beberapa pertemuannya menggabungkan 2 model pembelajaran sekaligus. Metode pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran musik yaitu metode demonstrasi, metode ceramah, dan metode discovery.
Kata kunci: Pembelajaran Musik untuk Anak, Model Pembelajaran Musik
Bibliografi : lembar 104-106
SS00022677 | SK 22677 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain