Text
Pengembangan modul pembelajaran pedicure pada mata kuliah perawatan tangan dan kaki untuk meningkatkan pengetahuan pada mahasiswa Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
Nindya Laksani. Skripsi: Pengembangan Modul Pembelajaran Perawatan Kaki
(pedicure) Pada Mata Kuliah Perawatan Tangan dan Kaki Untuk Meningkatkan
Pengetahuan Pada Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta. Jakarta: Program
Studi Pendidikan Tata Rias, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta 2019.
Penelitian ini merupakan jenis Research and Development ( R&D ) yang
menghasilkan suatu produk berupa Modul Pembelajaran Perawatan Kaki
(pedicure) yang digunakan sebagai media pembelajaran mahasiswa pada mata
kuliah Perawatan Tangan dan Kaki, Program Studi Pendidikan Tata Rias, Fakultas
Teknik, Universitas Negeri Jakarta.Modul Pembelajaran ini menggunakan model
pengembangan 4D oleh Thiagarajan, meliputi Define, Design, Develop, dan
Dessemination. Pada tahap Develop, peneliti melakukan validasi produk dan
revisi produk kepada seoarang ahli materi dan bahasa yaitu Dra. Mari Okatini
M.KM , ahli media yaitu Cecep Kustandi M.Pd dan pengguna yaitu mahasiswa
program studi Pendidikan Tata Rias Universitas Negeri Jakarta angkatan 2018
sebanyak 28 mahasiswa sebagai sampel.Berdasarkan hasil penelitian dapat
dinyatakan bahwa modul pembelajaran perawatan kaki (pedicure) layak untuk
dijadikan sumber alternative belajar pada mata kuliah perawatan tangan dan kaki.
Hal ini di dukung dengan persentase hasil evaluasi atau penilaian ahli materi 87.5
%, ahli media 94.28 %, ahli bahasa 84.28% yang diharapkan dari 100 %. Dengan
demikian media pembelajaran Modul Perawatan Kaki (pedicure) sudah
memenuhi berbagai aspek dari syarat media pembelajaran dan sebagai media yang
layak untuk dijadikan alternative sumber belajar pada mata kuliah perawatan
tangan dan kaki.
Kata Kunci : Modul Pembelajaran, Pengembangan, Pedicure
Bibliografi : lembar 121
SS00022208 | SK 22208 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2019.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain