Text
The use of digital tools in English morphology and syntax classroom
ABSTRAK
Mohammad Rafid, 2019. Penggunaan Alat-alat Digital di Kelas Morfologi dan
Sintaksis. Skripsi. Jakarta: Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan
Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telat berkembang selama tiga puluh tahun
belakangan ini, merubah sektor industri dan sektor perdagangana, dan sekarang mulia
berpindah ke ranah pendidikan. TIK di dalam pendidikan telah berkembang menjadi
solusi untuk meningkatkan input, proses, dan hasil kegiatan belajar dan mengajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu apa saja alat-alat digital yang ada di kelas
Morfologi dan Sintaksis Bahasa Inggris di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris
Universitas Negeri Jakarta dan juga untuk mengetahui tingkat sistem usabilitas dari
alat digital di kelas Morfologi dan Sintaksis Bahasa Inggris. Penelitian ini adalah
deskriptif kualitatif. Sumber data dari penelitian ini adalah sebelas mahasiswa kelas
morfologi dan sintaksis yang mengulang kelas di Universitas Negeri Jakarta. Data-data
yang dikumpulkan dan yang dianalasis adalah data observasi kegiatan belajar dan
mengajar di kelas morpologi dan sintaksis bahasa Inggris dan kuisioner yang dijawab
oleh mahasiswa. Hasil observasi akan menunjukkan apa saja alat-alat digital yang
digunakan di kelas. Satu set kuisinoer juga diadaptasi dari Arnold Lund dan kolega
para ahli dari Ameritech WEST Advanced Technology USA (2001) terdiri dari 30 butir
pertanyaan yang didistribusikan melalui Google Form untuk sebelas mahasiswa kelas
morfologi dan sintaksis Bahasa Inggris. Quizizz.com. Microsoft Power Point, Google
Search Engine, Merriam-webster.com, pediaa.com, wikipedia.com, wiktionary.com
and youtube.com adalah alat-alat digital yang di temukan di dalam kelas morfologi dan
sintaksis Bahasa Inggris. Quizizz.com menjadi subjek untuk penelitian sistem usabiliti
karena frekuensi pemakaian yang tinggi, hasil dari penelitian sistem usabiliti
menunjukkan hasil yang baik. Hasil dari penelitian ini juga menunjukkan bahwa alatalat
digital yang ditemukan di dalam kelas morfologi dan sintaksis Bahasa Inggris
adalah termasuk dalam kategori web 2.0 karena alat-alat tersebut termasuk dalam
konten yang dibuat oleh pengguna.
Kata Kunci: TIK, TIK di dalam Pembelajaran Bahasa Inggris, alat-alat digital,
sistem usabiliti, web 2.0
Bibliografi : lembar 33-35
SS00022686 | SK 22686 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain