Text
Meningkatkan collaboration skill dalam pembelajaran IPA melalui model pembelajaran project based learning pada siswa kelas V SDN Cibubur 11 Pagi Jakarta Timur : penelitian tindakan kelas di SDN Cibubur 11 Pagi Jakarta Timur
MENINGKATKAN COLLABORATION SKILL DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING SISWA KELAS V SDN CIBUBUR 11 PAGI JAKARTA TIMUR
(Penelitian Tindakan Kelas di SDN Cibubur 11 Pagi Jakarta Timur)
(2019)
Akhsa Lasma Yunita
ABSTRAK
Penelitian ini untuk meningkatkan Collaboration Skill dalam pembelajaran IPA melalui model pembelajaran Project Based Learning pada siswa kelas V SDN Cibubur 11 Pagi Jakarta Timur. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Cibubur 11 Pagi Jakarta Timur yang berjumlah 32 orang. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dengan model yang dikemukakan oleh Kemmis & Taggart. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi melalui foto. Analisa data dilakukan dengan merefleksikan kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan pada setiap siklus. Pada siklus I collaboration skill, siswa yang mendapatkan skor ≥70 mencapai 78,1%, sedangkan pada siklus II mencapai skor 93,8%. Hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan collaboration skill siswa kelas V SDN Cibubur 11 Pagi Jakarta Timur. Oleh sebab itu, guru perlu mengetahui kemampuan dan kebutuhan siswa kelas V SD sehingga dapat merancang kegiatan yang bervariasi dan menyenangkan dengan model pembelajaran Project Based Learning untuk dapat meningkatkan collaboration skill siswa.
Kata Kunci: Model pembelajaran Project Based Learning, collaboration skill
Bibliografi : lembar 100-102
SS00022261 | SK 22261 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain