Text
Hubungan regulasi emosi dengan adversity quotient pada mahasiswa yang yang sedang menyusun skripsi di fakultas X univeristas Y
HANAN FADILAH
HUBUNGAN REGULASI EMOSI DENGAN ADVERSITY QUOTIENT PADA
MAHASISWA YANG SEDANG MENYUSUN SKRIPSI DI FAKULTAS X
UNIVERSITAS Y
SKRIPSI
JAKARTA: PROGRAM STUDI PSIKOLOGI
FAKULTAS PENDIDIKAN PSIKOLOGI
UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
2019
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan regulasi emosi dengan
adversity quotient pada mahasiswa yang sedang dalam proses penyusunan skipsi di
Fakultas X Universitas Y. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif
dengan skala pengukuran psikologi. Teknik sampling yang digunakan dalam
penelitian ini adalah teknik purposive sampling, dengan kriteria subjek adalah
mahasiswa fakultas X Universitas Y. Responden yang berpartisipasi dalam penelitian ini berjumlah 85 mahasiswa
fakultas X universitas Y yang sedang menyusun skripsi. Alat ukur yang digunakan
dalam penelitian ini adalah adopsi instrumen Emotion Regulation Questionnaire
(ERQ) dari Gross dan instrumen Quicktake Adversity Response Profile (ARP) dari
Stoltz yang telah dimodifikasi untuk setting pendidikan. Uji korelasi dilakukan
dengan teknik uji korelasi Pearson. Hasil uji hipotesis 1: nilai p hitung sebesar 0.616 > α 0.05, artinya Ha1 ditolak, menunjukkan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara strategi regulasi emosi
suppression dengan adversity quotient mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Kemudian hasil uji hipotesis 2: nilai p hitung 0.006 < α 0.05, artinya Ha2 diterima, menunjukkan terdapat hubungan yang positif signifikan antara strategi regulasi
reappraisal dengan adversity quotient mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi regulasi emosi reappraisal, maka
semakin tinggi tingkat adversity quotientnya dalam menyusun skripsi. Kata kunci: Regulasi Emosi, Adversity Quotient, Mahasiswa Skripsi
Bibliografi : lembar 57-59
SS00022497 | SK 22497 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.09.2019.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain