Text
Evaluasi Implementasi pendekatan pembelajaran saintifik dalam pelaksanaan kurikulum 2013 di SMA N 8 Bekasi
ABSTRAK
Nabila Putri Novianti. Evaluasi Implementasi Pendekatan Pembelajaran Saintifik dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA N 8 Bekasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana evaluasi implementasi pendekatan pembelajaran saintifik dalam implementasi kurikulum 2013. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini melibatkan berbagai pihak baik guru mata pelajaran ekonomi, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, dan siswa. Evaluasi ini menggunakan metode CIPP (Context, Input, Process, Product). Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner, observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendekatan pembelajaran saintifik di SMAN 8 Bekasi dari aspek context yang meliputi latar belakang dan tujuan memiliki presentase ketercapaian 100%. Aspek input yang meliputi kualifikasi guru dan perangkat pembelajaran memiliki presentase ketercapaian 87%. Aspek process yang meliputi proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru memiliki presentase ketercapaian 94,9%. Aspek terakhir pada penelitian ini adalah product memiliki ketercapaian sebesar 58%. Berdasarkan rata-rata presentase ketercapaian tersebut maka implementasi pendekatan pembelajaran saintifik dapat dinyatakan “sangat baik” namun masih perlu ada sedikit perbaikan agar lebih baik lagi kedepannya.
Kata Kunci : pendekatan pembelajaran saintifik, kurikulum 2013
Bibliografi : Lembar 107-109
SS00022516 | SK 22516 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2019.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain