Text
Pengaruh ukuran perusahaan, persentase penawaran saham, dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap underpricing pada perusahaan IPO di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017 : studi pada perusahaan non perbankan
ABSTRAK
RAYANDRA ANANDIKA. 8335153613. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Persentase Penawaran Saham, dan Debt to Equity Ratio terhadap Underpricing. Skripsi, Jakarta: Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2019.
Penelitian ini dilakukan untuk membuktikan secara empris pengaruh ukuran perusahaan, persentase penawaran saham, dan debt to equity ratio terhadap underpricing. Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah ukuran perusahaan, persentase penawaran saham, dan debt to equity ratio sebagai variabel independen (bebas) dan underpricing sebagai variabel dependen (terikat). Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan sampel perusahaan non perbankan yang melakukan IPO yang terdaftar di BEI periode 2013-2017. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling method dan didapatkan 81 sampel. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda untuk menguji hipotesis pada tingkat signifikansi 5%. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh terhadap underpricing. Hasil tersebut menerangkan bahwa perusahaan yang memiliki total aset yang tinggi dapat memberikan tingkat underpricing yang rendah. Sementara itu, persentase penawaran saham dan debt to equity ratio tidak berpengaruh terhadap underpricing. Hal tersebut menerangkan bahwa persentase penawaran saham dan debt to equity ratio tidak dapat memberikan pengaruh terhadap tingkat underpricing. Selain itu secara simultan, ukuran perusahaan persentase penawaran saham, dan debt to equity ratio berpengaruh terhadap underpricing.
Kata Kunci: Ukuran Perusahaan, Persentase Penawaran Saham, Debt to Equity Ratio,Underpricing.
Bibliografi : lembar 88-90
SS00022527 | SK 22527 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2019.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain