Text
Pengaruh strategi react terhadap kemampuan pemecahan masalah Matematis ditinjau dari self-efficacy siswa SMP Negeri di Kota Bekasi
PENGARUH STRATEGI REACT TERHADAP KEMAMPUAN
PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI
SELF-EFFICACY SISWA SMP NEGERI DI KOTA BEKASI
Abstrak
Kemampuan pemecahan masalah matematis adalah bagian utuh dari semua
pembelajaran matematika karena pemecahan masalah merupakan proses berpikir
individu dalam menerapkan pengetahuan secara terarah untuk menyelesaikan
suatu masalah dengan strategi yang sesuai dengan prosedur yang benar. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi REACT terhadap kemampuan
pemecahan masalah matematis ditinjau dari self-efficacy siswa SMPN di Kota
Bekasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 4 Kota Bekasi dan SMPN 14 Kota
Bekasi pada kelas VIII semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini
menggunakan metode quasi eksperimental dengan desain penelitian treatment by
level 2×2 yang terdiri dari dua variabel: (1) pendekatan pembelajaran dengan taraf
strategi REACT dan strategi konvensional, (2) self-efficacy dengan taraf tinggi
dan rendah. Sampel sebanyak 70 siswa SMP. Hasil penelitian ini menunjukan
terdapat pengaruh strategi REACT terhadap kemampuan pemecahan masalah
matematis, khususnya untuk siswa memiliki self-efficacy tinggi, dan terdapat
interaksi antara strategi dan self-efficacy terhadap kemampuan pemecahan
masalah matematis.
Kata kunci: kemampuan pemecahan masalah matematis, strategi REACT,
self-efficacy
Bibliografi hal 94- 101
TM00005997 | TM 5997 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain