Text
Pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap kemampuan representasi Matematis ditinjau dari self concept siswa SMP Negeri Tangerang
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DITINJAU DARI SELF CONCEPT SISWA
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan representasi matematis ditinjau dari self concept siswa SMP. Desain penelitian ini adalah Postest-Only Control Design. Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen menggunakan perlakuan dengan desain level 2 x 2. Kelas Eksperimen dilakukan dengan model pembelajaran reciprocal teaching, sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan dengan model pembelajaran konvensional. Sampel penelitian ini adalah 88 siswa kelas VIII. Instrumen yang digunakan adalah angket reciprocal teaching dan tes kemampuan representasi matematis. Teknik analisis data menggunakan ANOVA dua jalur. Hasil penelitian ini adalah 1) penerapan pembelajaran reciprocal teaching memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap kemampuan representasi matematis siswa daripada dengan model pembelajaran konvensional, 2) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan self concept siswa terhadap kemampuan representasi matematis siswa, 3) pembelajaran reciprocal teaching memberikan pengaruh baik daripada dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan representasi matematis siswa dengan self concept positif, 4) tidak terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis pada siswa yang memiliki self concept negatif antara siswa yang diberikan model pembelajaran reciprocal teaching dengan siswa yang diberikan model pembelajaran konvensional.
Kata Kunci: Kemampuan Representasi Matematis, Self Concept, Model Pembelajaran Reciprocal Teaching.
Bibliografi hal 94-97
TM00005985 | TM 5985 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain