Text
Pengaruh Model Eliciting Activities (MEA's) terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS) dan self esteem siswa SMP Negeri di Kecamatan Cilincing
PENGARUH MODEL ELICITING ACTIVITIES (MEAs) TERHADAP
HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DAN SELF ESTEEM SISWA SMP NEGERI DI KECAMATAN CILINCING
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Eliciting Activities (MEA’s) dan konvensional terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS) dan self esteem siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 200 dan SMPN 53 Jakarta tahun ajaran 2018/2019. Desain penelitian ini adalah post-test eksperimen dan kontrol grup desain. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi experiment (eksperimen semu). Kelas eksperimen diberi perlakuan berupa MEA’s, sedangkan kelas kontrol secara konvensional. Populasi terjangkau penelitian ini adalah siswa SMPN 200 dan SMPN 53 Jakarta kelas VII tahun ajaran 2018/2019 yang berasal dari populasi yang berdistribusi normal, memiliki varians yang sama atau homogen, dan memiliki kesamaan rata-rata. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada materi perbandingan, tes Kemampuan Awal Matematika (KAM) dan angket self esteem matematika. Instrumen tersebut telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Analisis data dilakukan dengan uji anava dua jalur pada taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa: (1) Higher Order Thinking Skills siswa yang belajar dengan MEA’s lebih tinggi dibandingkan Higher Order Thinking Skills siswa yang belajar dengan model konvensional. (2) terdapat peningkatan Higher Order Thinking Skills siswa yang dipengaruhi oleh kemampuan awal matematika dan model pembelajaran (3) Higher Order Thinking Skills siswa yang diberi perlakuan MEA’s lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diberi perlakuan model konvensional pada kelompok siswa yang memiliki kemampuan awal matematika tinggi. (4) tidak terdapat perbedaan Higher Order Thinking Skills siswa antara siswa yang diberi perlakuan dengan MEA’s dan siswa yang diberi perlakuan model konvensional pada kelompok siswa yang memiliki kemampuan awal matematika rendah. (5) self esteem siswa dalam belajar matematika yang diberi perlakuan MEA’s lebih tinggi dibandingkan dengan self esteem siswa yang diberi perlakuan model konvensional.
Kata Kunci: Higher Order Thinking Skills (HOTS), Model Eliciting Activities (MEA’s), Self Esteem
Bibliografi hal 121-124
TM00005987 | TM 5987 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain