Text
Pengaruh kepemimpinan intrapreneur kepala sekolah dan budaya sekolah terhadap inovasi guru SMA Negeri di Jakarta Timur
ABSTRAK
Agung Firstianto, 8105150459, Pengaruh Kepemimpinan Intrapreneur
Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah Terhadap Inovasi Guru SMA Negeri di
Jakarta Timur. Skripsi, Jakarta: Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri
Jakarta. 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh
kepemimpinan intrapreneur kepala sekolah dan budaya sekolah terhadap inovasi
guru SMA Negeri di Jakarta Timur. Penelitian ini membutuhkan waktu selama
tiga bulan, terhitung mulai dari bulan Januari 2019 hingga bulan Maret 2019.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survei. Populasi terjangkau
pada penelitian ini berjumlah 140 responden. Berdasarkan pada tabel Isaac dan
Michael dengan 140 responden, maka jumlah sampel pada penelitian ini adalah
100 responden. Teknik pemilihan responden menggunakan proportional random
sampling, yaitu menggunakan metode acak proporsional. Untuk pengolahan data,
peneliti mengolah kuesioner dengan menggunakan Likert Scale (Skala Likert).
Variabel Inovasi Guru (Y), variabel kepemimpinan intrapreneur kepala sekolah
(X1), dan variabel budaya sekolah (X2) merupakan data primer yang berasal dari
kuesioner penelitian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pertama uji
persyaratan analisis, yang terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas; kedua uji
asumsi klasik, yang terdiri dari uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas;
ketiga uji regresi linear berganda; keempat uji hipotesis yang terdiri dari uji t dan
uji F; dan terakhir adalah perhitungan analisis koefisien determinasi. Nilai thitung
untuk variabel kepemimpinan intrapreneur sebesar 2,357 dan thitung untuk variabel
budaya sekolah sebesar 11,836 yang mana ttabel sebesar 1,98472. Hal tersebut
berarti terdapat pengaruh signifikan parsial variabel Kepemimpinan Intrapreneur
Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah terhadap Inovasi Guru karena thitung > ttabel.
Adapun Uji F memiliki nilai Fhitung sebesar 698,447 dan nilai Ftabel sebesar 3,09
dimana Fhitung > Ftabel. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat
pengaruh secara simultan antara variabel Kepemimpinan Intrapreneur Kepala
Sekolah dan Budaya Sekolah terhadap Inovasi Guru. Persamaan regresi berganda
yakni Ŷ = 6,042 + 0,143X1 + 0,773X2. Nilai koefisien determinasi R2 sebesar
0,935 yang menunjukkan bahwa variabel Kepemimpinan Intrapreneur Kepala
Sekolah (X1) dan Budaya Sekolah (X2) berpengaruh secara simultan terhadap
Inovasi Guru (Y) sebesar 93,5 persen.
Bibliografi : lembar 110-119
SS00022587 | SK 22587 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2017.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain