Text
Pengaruh kepercayaan dan komitmen terhadap loyalitas nasabah Bank Mandiri cabang UNJ pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
PUTRIE NURULIA WARDHANI, Pengaruh Kepercayaan dan Komitmen terhadap Loyalitas Nasabah Bank Mandiri Cabang UNJ pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, selama 6 bulan terhitung sejak Februari sampai dengan bulan Juli 2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepercayaan dan komitmen terhadap loyalitas nasabah Bank Mandiri Cabang UNJ pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi di Universitas Negeri Jakarta. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode survey dengan kuesioner, populasi yang digunakan adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik Purposive sampling sebanyak 120 orang. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 1,570 + 0,356 X1 + 0,422 X2. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dengan uji Kolmogorov-Smimov dengan tingkat signifikansi (α) = 5% atau 0,05 dan menghasilkan tingkat signifikan Y bernilai sebesar 0,200, X1 bernilai sebesar 0,200, X2 bernilai sebesar 0,200. Karena tingkat signifikansi ketiga variabel tersebut > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa data tersebut berdistribusi normal dan dapat digunakan dalam analisis selanjutnya. Uji linieritas regresi Y atas X1 dan Y atas X2 menghasilkan nilai signifikansi pada Linearity, yaitu 0,000 < 0,05, sehingga disimpulkan bahwa memiliki hubungan yang linier. Dari uji keberartian regresi Y atas X1 dan X2 menghasilkan Fhitung > Ftabel, yaitu 42,176 > 3,072, sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut signifikan. Selanjutnya, dilakukan uji t dan dihasilkan Y atas X1 thitung 4,529 > ttabel = 1,65798, Y atas X2 thitung 5,169 > ttabel = 1,65798. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,535 untuk kepercayaan, 0,563 untuk komitmen. Maka dapat disimpulkan bahwa kepercayaan dan komitmen untuk menjelaskan loyalitas nasabah secara simultan yaitu 41,9% sedangkan 58,1% sisanya dijelaskan oleh variabel lain.
Kata Kunci : Loyalitas Nasabah, Kepercayaan, Komitmen
Bibliografi : lembar 108-111
SS00022582 | SK 22582 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain