Text
Hubungan antara promosi penjualan dan inovasi produk dengan keputusan pembelian Burger King Green Pramuka Square pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta di Jakarta
ABSTRAK
Rizky Fitriyani, Hubungan antara Promosi Penjualan dan Inovasi Produk dengan Keputusan Pembelian Burger King Green Pramuka Square Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta di Jakarta.
Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, selama 5 bulan terhitung sejak Februari sampai dengan Juli 2019. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara promosi penjualan dan inovasi produk dengan keputusan pembelian Burger King Green Pramuka Square pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta di Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional, populasi yang digunakan adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik Purposive sampling sebanyak 117 orang. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 38,472 + 0,341 X1 + 0,469 X2. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dengan uji Kolmogorov-Smirnov dengan tingkat signifikansi (α) = 5% atau 0,05 dan menghasilkan tingkat signifikan Y bernilai sebesar 0,200, X1 bernilai sebesar 0,200, X2 bernilai sebesar 0,200. Karena tingkat signifikansi ketiga variabel tersebut > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa data tersebut berdistribusi normal dan dapat digunakan dalam analisis selanjutnya. Uji linieritas regresi Y atas X1 dan Y atas X2 menghasilkan nilai signifikansi pada Linearity, yaitu 0,000 < 0,05, sehingga disimpulkan bahwa memiliki hubungan yang linier. Dari uji keberartian regresi Y atas X1 dan X2 menghasilkan Fhitung > Ftabel, yaitu 29,878 > 3,08, sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut signifikan. Selanjutnya, dilakukan uji t dan dihasilkan Y atas X1 thitung = 4,079 dan ttabel = 1,65833, Y atas X2 thitung = 5,117 dan ttabel = 1,65833. Nilai koefisien korelasi antara variabel promosi penjualan (X1) terhadap keputusan pembelian (Y) sebesar 0,521 dan nilai koefisien korelasi antara variabel kualitas produk (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) sebesar 0,575. Jadi, terdapat hubungan positif dan signifikan antara promosi penjualan dengan keputusan pembelian, serta hubungan positif dan signifikan antara inovasi produk dengan keputusan pembelian. Dengan demikian, dapat disimpulkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara promosi penjualan dan inovasi produk dengan keputusan pembelian. Koefisien determinasi Y atas X1 dan X2 yang diperoleh sebesar 0,312 yang menunjukkan bahwa 31,2% variabel Keputusan Pembelian ditentukan oleh promosi penjualan dan inovasi produk. Sementara itu, sisanya 68,8% dipengaruhi oleh faktor lain.
Kata kunci: Promosi Penjualan, Inovasi Produk, Keputusan Pembelian
Bibliografi : lembar 100-103
SS00022583 | SK 22583 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2019.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain