Text
Hubungan antara label halal dan celebrity endorsement dengan keputusan pembelian produk kosmetik Wardah pada mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
ADZKIA RAHMATILLAH. Hubungan Antara Label Halal dan Celebrity
Endorsement Dengan Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Pada
Mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta Di Jakarta. Skripsi,
Jakarta, Program Studi Pendidikan Bisnis, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri
Jakarta.
Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, selama
7 bulan terhitung sejak Januari sampai dengan Juli 2019. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui hubungan antara label halal dan celebrity endorsement
dengan keputusan pembelian produk kosmetik Wardah pada mahasiswi Fakultas
Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Metode penelitian yang peneliti gunakan
adalah metode survey dengan pendekatan korelasional, populasi yang digunakan
adalah seluruh mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik Purposive sampling
sebanyak 109 orang. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 11,078 +
0,57X1 + 0,6493X2. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dengan uji
Kolmogorov-Smimov dengan tingkat signifikansi (α) = 5% atau 0,05 dan
menghasilkan tingkat signifikan Y bernilai sebesar 0,200, X1 bernilai sebesar
0,200, X2 bernilai sebesar 0,200. Karena tingkat signifikansi ketiga variabel
tersebut > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa data tersebut berdistribusi normal
dan dapat digunakan dalam analisis selanjutnya. Uji linieritas regresi Y atas X1
dan Y atas X2 menghasilkan nilai signifikansi pada Linearity, yaitu 0,000 < 0,05,
sehingga disimpulkan bahwa memiliki hubungan yang linier. Dari uji keberartian
regresi Y atas X1 dan X2 menghasilkan Fhitung > Ftabel, yaitu 46,095 > 3,08, sehingga
dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut signifikan. Selanjutnya,
dilakukan uji t dan dihasilkan Y atas X1 thitung = 2,798 dan ttabel = 1,65936, Y atas X2
thitung = 6,822 dan ttabel = 1,65936. Nilai koefisien korelasi antara variabel label
halal (X1) terhadap keputusan pembelian (Y) sebesar 0,480 dan nilai koefisien
korelasi antara variabel celebrity endorsement (X2) terhadap keputusan pembelian
(Y) sebesar 0,652. Jadi, terdapat hubungan positif dan signifikan antara label halal
dengan keputusan pembelian, serta hubungan positif dan signifikan antara
celebrity endorsement dengan keputusan pembelian. Dengan demikian, dapat
disimpulkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara label halal dan
celebrity endorsement dengan keputusan pembelian. Koefisien determinasi Y atas
X1 dan X2 yang diperoleh sebesar 0,465 yang menunjukkan bahwa 46,5% variabel
keputusan pembelian ditentukan oleh label halal dan celebrity endorsement.
Sementara itu, sisanya 53,5% dipengaruhi oleh faktor lain.
Kata kunci: Label Halal, Celebrity Endorsement, Keputusan Pembelian
Bibliografi : lembar 101-102
SS00022592 | SK 22592 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2019.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain