Text
Pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X di SMK Pusaka 1 Jakarta
ABSTRAK
SALSABILA ZAHIRAH. 8105151180. Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X di SMK Pusaka 1 Jakarta. Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X di SMK Pusaka 1 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan selam 5 bulan terhitung dari Maret 2019 sampai dengan Juli 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan regresi. Populasi dalam penelitian ini adalah 620 siswa SMK Pusaka 1 Jakarta dan untuk populasi terjangkau adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 195 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah proporsional random sampling atau teknik acak proposional, maka sampel dalam penelitian ini sebanyak 123 responden. Berdasarkan uji persyaratan analisis, data telah berdistribusi normal dan memiliki hubungan yang linear. Berdasarkan uji asumsi klasik, pada uji multikolinearitas terdapat nilai Tolerance dari perhatian orang tua dan motivasi belajar sebesar 0,561 > 0,1 dan nilai VIF sebesar 1,781 < 10. Sedangkan hasil uji heteroskedastisitas kompensasi melalui uji Spearman’s rho, nilai signifikansi perhatian orang tua 0,209 > 0,05 dan nilai signifikansi motivasi belajar 0,174 > 0,05. Selanjutnya persamaan regresi yang didapat yaitu Ý = 72,890 + 0,131X1 + 0,061 X2. Berdasarkan uji hipotesis yaitu hasil uji F maka (Fhitung > Ftabel) yaitu sebasar 61,177 > 3,07. Selanjutnya, berdasarkan uji t maka (thitung>ttabel atau −thitung 1,979 dan motivasi belajar sebesar 2,905 > 1,979. Berdasrkan uji koefisien determinasi, perhatian orang tua dan motivasi belajar secara simultan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa sebesar 50,5% dan 49,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X di SMK Pusaka 1 Jakarta.
Kata kunci: Prestasi Belajar, Perhatian orang tua, Motivasi Belajar
Bibliografi : lembar 84-85
SS00022602 | SK 22602 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2019.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain