Text
Pola belajar siswa berdasarkan latar belakang sosial ekonomi keluarga : studi kualitatif di SMP Negeri 109 Jakarta
ABSTRAK
NURURRIZQI YASYAAILLAH. Pola Belajar Siswa berdasarkan latar belakang sosial ekonomi keluarga ( Studi Kualitatif : di SMPN 109 Jakarta ) Skripsi. Jakarta : Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Jakarta, 2019.
Tujuan Penelitian ini didasarkan oleh adanya perbedaan yang signifikan mengenai pola belajar siswa yang beraneka ragam sehingga peneliti ingin mengetahui pola belajar siswa SMPN 109 Jakarta berdasarkan latar belakang sosial ekonomi keluarga yang terbagi menjadi 3 kriteria penggolongan sosial ekonomi keluarga tinggi, menengah dan bawah.
Metode yang digunakan adalah studi kualitatif, data yang diperoleh dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan memilih informan yang mengetahui tentang fokus penelitian.Kondisi sosial ekonomi keluarga siswa yang dilihat dari latar belakang pendidikan orang tua, pekerjaan orang tua dan penghasilan/pendapatan orang tua. Pola belajar siswa dikategorikan menurut tipe pola belajar dari Robert M.Gagne.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi latar belakang status sosial ekonomi orang tua yang tinggi, menengah dan bawah menghasilkan siswa dapat memasuki ke dalam tipe tingkatan pola belajar yang berbeda Menurut teori Robert M. Gagne. Kondisi sosial ekonomi keluarga yang tinggi (siswa Ng) masuk dalam tipe pola belajar problem solving, Kondisi sosial ekonomi keluarga menengah (siswa Fh) masuk dalam tipe pola belajar stimulus respons learning dan kondisi sosial ekonomi keluarga rendah ( siswa Gs) masuk dalam tipe pola belajar signal learning. Artinya pola belajar siswa yang baik dibutuhkan kondisi latar belakang sosial ekonomi keluarga yang menunjang dalam proses pendidikan.
Kata Kunci : Pola belajar, Sosial ekonomi keluarga
Bibliografi : lembar 55
SS00021995 | SK 21995 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2019.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain