Text
Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 13 Jakarta
ABSTRAK
Nurul Fajriah. Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas VIII MTs Negeri 13 Jakarta Selatan. Skripsi. Jakarta : Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta, Juli 2019.
Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri 13 Jakarta Selatan pada siswa kelas VII tahun Ajaran 2018-2019, yang dimulai pada bulan April – Juni 2019 dengan tujuan untuk untuk apakah ada pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran bahasa arab siswa kelas VIII MTs Negeri 13 Jakarta Tahun Ajaran 2018/2019.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Ex post facto dan samplenya adalah 76 siswa kelas VIII Mts Negeri 13 Jakarta. teknik pengambilan sample dilakukan dengan cara simple random sampling. Instrument yang digunakan adalah kuesioner untuk kemandirian belajar siswa dan penialain akhir tahun (PAT) pada mata pelajaran bahasa arab, teknik analisis data yang digunakan adalah statistika deskriptif, validitas dan uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t pada taraf signitifikansi = 0,05.
Setelah dilakukan maka peneliti telah menemukan pengaruh yang positif terhadap hasil belajar dengan kemandirian belajar yang tinggi pada siswa. Kesimpulan ini berdasarkan hasil data sebagai berikut : Hasil uji-t diperoleh setelah uji validitas dan uji homogenitas . uji homogenitas dengan hasil pengelompokkan X-Y mempunyai varian yang homogenitas x2 hitung (1,216) < X2 tabel (95,08) , uji normalitas yang memiliki data berdistribusi Normal dengan hasil L hitung (0,135) < L Tabel (0,144). Setelah dilakukan tes maka nilai T-Hitung yang diperoleh dari 0,05 adalah (4,264) sedangkan nilai T tabel (1,992) untuk derajak kebebasan (dk=74) karena T-Hitung yang diperoleh lebih besar daripada harga T-tabel maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis penelitian (H1) diterima.
Berdasarkan data diatas menunjukkan bahwa semakin tinggi kemandirian belajar siswa maka semakin tinggi hasil belajar bahasa arab siswa kelas VIII MTs Negeri 13 Jakarta dan semakin rendah kemandirian belajar siswa maka semakin rendah hasil belajar bahasa arab siswa kelas VIII MTs Negeri 13 Jakarta
Bibliografi : Lembar 50-53
SS00022723 | SK 22723 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain