Text
Pengaruh metode "fun learning" terhadap keterampilan membaca pada siswa di MTs Umdataur Rasikhien Jakarta Timur
ABSTRAK
Ismatun Ni’mah, Pengaruh Metode “Fun Learning” terhadap
keterampilan membaca pada siswa di MTs Umdatur Rasikhien Jakarta Timur.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Negeri Jakarta. Juli .
Penelitian ini dilaksanakan di MTs Umdatur Rasikhien Jakarta Timur pada
semester II Tahun Ajaran , yang dimulai dari bulan Januari hingga
Februari dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh metode “fun learning”
terhadap keterampilan membaca pada siswa di MTs Umdatur Rasikhien Jakarta
Timur.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen.
Dengan populasi penelitian adalah siswa kelas VIII MTs Umdatur Rasikhien
Jakarta Timur dan sampelnya adalah siswa kelas VIII-4 dan VIII-5 sejumlah
siswa terdiri dari siswa di kelas eksperimen dan siswa di kelas kontrol.
Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling, yaitu
teknik pengambilan sampel secara sengaja sesuai dengan persyaratan sampel yang
diperlukan. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir berbentuk tes tulis. Teknik
analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan uji hipotesis yang
digunakan adalah uji-t pada taraf signifikasi =
Sebelum dilakukan uji hipotesis, dilakukan uji persyaratan analisis yaitu Uji
Normalitas dan Uji Homogenitas. Uji Normalitas memiliki data berdistribusi
normal dengan hasil Lhitung < Ltabel = pada kelas Eksperimen, dan
hasil Lhitung = < Ltabel = pada kelas kontrol. Bedasarkan hasil uji
homogenitas dengan uji Bartlet diperoleh
2
h i t u n g <
2
t a b e l maka
diperoleh varian Homogen
Setelah dilakukan tes maka nilai t-hitung yang diperoleh dari adalah
sedangkan nilai t-tabel adalah untuk derajat kebebasan (dk= 58).
Karena t-hitung yang diperoleh lebih kecil daripada harga t-tabel, maka hipotesis
nol (H0) diterima dan hipotesis penelitian (H1) diterima. Artinya terdapat pengaruh
metode fun learning terhadap keterampilan membaca pada siswa di MTs Umdatur
Rasikhien Jakarta Timur.
Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan terhadap
siswa yang diajarkan menggunakan metode “fun learning” dibandingkan dengan
siswa yang diajarkan tanpa menggunakan metode “fun learning”. Siswa lebih
tertarik dengan menggunakan metode “fun learning” karena terdapat gambar,
suara dan juga permainan dengan itu siswa lebih aktif dalam pembelajaran,
membuat siswa lebih konsentrasi belajar, siswa dapat mengkaitkan materi
pembelajaran dengan lingkungan sekitar dan siswa dapat mempraktekan materi
yang telah mereka dapat dalam keseharian mereka. Untuk itu, guru sebaiknya
د
menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan kegiatan belajar mengajar
khususnya metode “fun learning” terhadap keterampilan membaca Bahasa Arab.
Bibliografi : Lembar 54-57
SS00022699 | SK 22699 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain