Text
An analysis of teaching presence and cognitive presence in the online discussion forum of writing course
ABSTRAK
Amalia Trisnawati. Sebuah Analisis tentang Teaching Presence dan Cognitive Presence dalam Forum Diskusi Online pada kelas Writing. Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Agustus 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi aspek teaching presence; menganalisis tahapan-tahapan cognitive presence yang dialami oleh mahasiswa dalam forum diskusi online; kemudian menentukan aspek teaching presence yang berhubungan dengan tahapan cognitive presence berdasarkan kerangka teori Community of Inquiry. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan teknik analisis isi, melalui analisis tabel dan peta interaksi. Sejumlah 71 mahasiswa dan 2 tutor yang tergabung dalam empat forum diskusi online menjadi sumber data dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) seluruh aspek teaching presence ditemukan dalam keseluruhan forum diskusi (2) tiga tahapan cognitive presence terdeteksi dalam keseluruhan forum diskusi, dan (3) aspek direct instruction menjadi satu-satunya aspek yang berhubungan dengan tahapan exploration dan integration dalam cogntive presence.
Kata Kunci: Teaching Presence, Cognitive Presence, Community of Inquiry, Online Discussion Forum
Bibliografi : Lembar 62-63
SS00022672 | SK 22672 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain