Text
Peningkatan hasil belajar ilmu nahwu menggunakan mind mapping pada siswa pondok pesantren tahfidz al-qur'an Sulaimaniyah Rawamangun Jakarta Timur : penelitian tindakan kelas
ABSTRAK
Raden Naufal Febriansyah, PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU NAHWU
MENGGUNAKAN MIND MAPPING PADA SISWA PONDOK PESANTREN
TAHFIDZ AL QUR’AN SULAIMANIYAH RAWAMANGUN JAKARTA TIMUR
(PENELITIAN TINDAKAN KELAS), Skripsi. Jakarta : Program Studi Pendidikan
Bahasa Arab, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta, Juli 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Ilmu
Nahwu pada siswa kelas XI di pondok pesantren tahfidz Al qur’an Sulaimaniyah
Rawamangun Jakarta timur yang dilaksanakan pada bulan April – Mei 2019 dengan
menerapkan strategi Mind Mapping.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom
Action Reseacrh), subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Pondok pesantren tahfidz
Al qur’an Sulaimaniyah rawamangun Jakarta timur dengan jumlah 30 siswa.
Pengukuran peningkatan hasil belajar dilaksanakan pada tiap akhir siklus penelitian
dengan memberikan tes berbentuk tulisan yang diberikan guru.
Penelitian ini dilaksankan dengan menggunakan model siklus Stephen Kemmis
& Robin Mc Taggart. Penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan,
pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dan penelitian ini terdiri dari 2 siklus setiap siklus
terdiri dari tiga kali pertemuan.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui penerapan strategi Mind mapping
dapat meningkatkan hasil belajar siswa dipondok pesantren tahfidz al qur’an
Sulaimaniyah. Hal ini terbukti dari perolehan hasil belajar siswa yang meningkat. Hasil
belajar siswa yang siswa capai pada siklus 1 yaitu dengan rata-rata nilai 77 dengan
persentase 37%, sedangkan hasil yang diharapkan adalah 75% dari seluruh siswa. Pada
siklus 2 siswa memperoleh nilai rata-rata 88, dan 23 orang siswa berhasil mencapai
kkm dengan persentase 77%.
ل
Dapat ditemukan peningkatan hasil belajar ilmu nahwu siswa dipondok
pesantren tahfidz al qur’an Sulaimaniyah dengan strategi Mind Mapping dengan
persentase 40%.
Dan implikasi penelitian ini bahwa strategi Mind Mapping dapat digunakan
oleh guru untuk meningkatkan hasil belajar ilmu nahwu di pondok pesantren tahfidz al
qur’an Sulaimaniyah sehingga siswa dapat dengan mudah mengingat pelajaran.
Bibliografi : Lembar 82-87
SS00022694 | SK 22694 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain