Text
Amil nawashib pada fi'il mudhori' di dalam qasidah Imam Syafi'i serta implikasinya terhadap pembelajaran ilmu nahwu
ABSTRAK
Abi Dzarrin. ‘Amil Nawashib Pada Fi’il Mudhori di Dalam
Qosidah Imam Syafi’i Serta Implikasinya Terhadap Pengajaran Ilmu
Nahwu’ Skripsi. Jakarta : Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas
Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta, Juli 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui macam-macam amil
nawashib yang terdapat dalam buku “Diwan Imam Syafi’i” karangan Dr.
Imil Badi’ Ya’qub, sehingga dapat diaplikasikan dalam pengajaran ilmu
nahwu di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri
Jakarta.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
kualitatif yang terkait pada analisis pusat pengajaran dari penggunaan
macam-macam amil nawashib dalam buku “Diwan Imam Syafi’i” karangan
Dr. Imil Badi’ Ya’qub yang terdiri dari 177 qasidah, akan tetapi peneliti
hanya memilih 36 qasidah dan implikasinya terhadap pengajaran ilmu
nahwu.
Adapun hasil penelitian ini adalah bahwasanya amil nawashib yang
terdapat dalam qashidah imam syafii terdiri dari 177 qasidah, peneliti
menemukan 36 amil nawasib yang beragam dan terdiri dari 25 (69%) huruf
أن dan 1 (3%) huruf,له dan 3 (8%) huruf |حتى , dan 1 (3%) huruf المعيه واو
dan 1 (3%) huruf العقبة الم dan 5 (14%) huruf كي الم
Semoga penelitian ini dapat bermanfaat dan diimplikasikan oleh para
guru bahasa Arab dalam pengajaran ilmu nahwu agar mempermudah
pendidik dalam menjelaskan ilmu nahwu khususnya dalam pembahasan
amil nawashib kepada mahasiswa, agar mahasiswa dapat memahami dan
mereka tidak mendapatkan kesulitan dalam mempelajarinya.
Bibliografi : Lembar 62-64
SS00022722 | SK 22722 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain