Text
Peningkatan hasil belajar Nahwu dengan menggunakan metode Teams Games Tournament terhadap siswa kelas 10 di Home Schooling Sya'airullah Bekasi : penelitian tindakan kelas
ABSTRAK
DIAN PRIANDINI. Peningkatan Hasil Belajar Nahwu dengan Menggunakan Metode Teams Games Tournament Terhadap siswa kelas 10 di Home Schooling Sya’airullah Bekasi. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta, 2019.
Penelitian dilaksanakan di Home Schooling Sya’airullah Bekasi pada bulan Maret – April 2019. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar nahwu dengan menggunakan metode Teams Games Tournament pada siswa kelas 10 Home Schooling Sya’airullah Bekasi.
Metode Teams Games Tournament adalah metode pembelajaran kooperatif yang menggunakan permainan dan turnamen dalam penerapannya. Adapun dalam penelitian ini membahas langkah-langkah metode teams games tournament dan peningkatan hasil belajar nahwu pada siswa kelas X Home Schooling Sya’airullah Bekasi.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas 10 Home Schooling Sya’airullah dengan jumlah 40 siswa. Dan penelitian tindakan kelas ini adalah penelitian berkala atau bersiklus. Penelitian ini mengacu pada jenis penelitian Kemmis dan Mc Taggart. Berikut tahapan penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi. Tes hasil belajar digunakan untuk mengukur keberhasilan siswa dalam memahami ilmu nahwu. Lembar observasi digunakan untuk mengukur kinerja guru dan siswa dalam pembelajaran.
Nilai yang dicapai oleh siswa selama penelitian berlangsung yaitu nilai rata-rata siklus I adalah 70,87 dan nilai rata-rata siklus II adalah 88,52. Dan peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 17,65.
Ù„
Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa metode Teams Games Tournament dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami ilmu nahwu dan dapat memperbaiki hasil belajar nahwu pada siswa kelas 10 di Home Schooling Sya’airullah Bekasi. Dengan demikian, metode Teams Games Tournament adalah salah satu metode yang dapat diaplikasikan dalam pengajaran Bahasa Arab khususnya ilmu nahwu. Sehingga siswa termotivasi dan lebih mudah dalam memahami ilmu nahwu.
Bibliografi : lembar 86-92
SS00022689 | SK 22689 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain