Text
Karakter-karakter anak pada cerita hewan (Fabel) dalam "Al-Qiroah Ar-Rosyidah" serta implikasinya terhadap pembelajaran telaah Sastra Arab
ABSTRAK
INES ZASKIA PUTRI, Karakter-Karakter Anak Pada Cerita Hewan (Fabel) dalam “Al-Qiroah Ar-Rasyidah” Serta Implikasinya Terhadap Pembelajaran Telaah Sastra Arab. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta, Juli 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi yang jelas tentang karakter-karakter anak pada Cerita Hewan (Fabel) dalam “Al-Qiroah Ar-Rasyidah” serta implikasinya terhadap pembelajaran telaah sastra arab. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk menganalisis macam-macam karakter anak pada Cerita Hewan (Fabel) dalam “Al-Qiroah Ar-Rasyidah” karya Abdul Fatah dan Ali Umar. Penelitian ini menggunakan instrumen tabel spesifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa macam-macam karakter anak pada Cerita Hewan (Fabel) dalam “Al-Qiroah Ar-Rasyidah” karya Abdul Fatah dan Ali Umar terbagi menjadi 5 macam karakter anak, yaitu : 1. Egosentris, 2. Aktif, 3. Rasa Ingin Tahu, 4. Eksploratif, 5. Spontan. Dan nilai-nilai pendidikan karakter anak ada 9 macam, yaitu: 1. Jujur, 2. Toleransi, 3. Disiplin, 4. Kerja Keras, 5. Kreatif, 6. Mandiri, 7. Komunikatif, 8. Peduli Sosial, 9. Tanggung Jawab.
Penelitian ini terdapat 73 temuan untuk macam-macam karakter anak dan 40 temuan untuk nilai-nilai pendidikan karakter anak dari 10 cerita pada Cerita Hewan (Fabel) dalam “Al-Qiroah Ar-Rasyidah” karya Abdul Fatah dan Ali Umar, sebagai berikut:
Macam-macam karakter anak terdiri dari: 1. Egosentris terdapat pada 15 teks , 2. Aktif terdapat pada 14 teks, 3. Rasa Ingin Tahu terdapat pada 13 teks, 4. Eksploratif terdapat pada 6 teks, 5. Spontan terdapat pada 25 teks.
Macam-macam nilai-nilai pendidikan karakter anak terdiri dari: 1. Jujur terdapat pada 4 cerita, 2. Toleransi terdapat pada 5 cerita, 3. Disiplin terdapat pada 2 cerita, 4. Kerja Keras terdapat pada 3 cerita, 5. Kreatif terdapat pada 7 cerita, 6. Mandiri terdapat pada 2 cerita, 7. Komunikatif terdapat pada 4 cerita, 8. Peduli Sosial terdapat pada 9 cerita, 9. Tanggung Jawab terdapat pada 4 cerita.
Tujuan mengetahui macam-macam karakter anak dan menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter pada anak adalah membentuk karakter anak agar menjadi pribadi yang baik terhadap Tuhan YME, diri sendiri, sesama, lingkungan, maupun bangsa. Dan dengan Cerita Hewan (Fabel) dalam “Al-Qiroah Ar-Rasyidah” sebagai medianya dapat meningkatkan minat membaca anak sebagai langkah awal pembentukan karakter, dan memudahkan anak dalam belajar bahasa arab dasar.
Bibliografi hlm. : 65-71
SS00022705 | SK 22705 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain