Text
Pengembangan media belajar kahoot pada mata kuliah istima 2 untuk mahasiswa pendidikan bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
Abdul Aziz, Pengembangan Media Pembelajaran Kahoot Pada Mata
Kuliah Istima 2 Untuk Jurusan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Bahasa dan Seni Universitas
Negeri Jakarta. 2019
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaan kahoot
sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar dalam
pembelajaran istima pada Mahasiswa Jurusan Bahasa Arab Universitas Negeri
Jakarta. Mengetahui kelayakan media pembelajaran kahoot berdasarkan penelitian
dari Ahli materi dan Ahli Media; dan mengetahui penilaian mahasiswa Jurusan
Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta terhadap media pembelajaran kahoot
Peneliti menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model
(dick dan carry ) dengan rumus (analisis kebutuhan, desain produksi, desain
pengembangan uji coba langsung, dan evaluasi. Pada tahap analisis peneliti
membagikan analisis kebutuhan kepada mahasiswa. Dalam tahap desain peneliti
membuat soal dan audio. Pada tahap pengembangan yaitu proses penilaian
rancangan produk yang dilakukan dengan memberi penilaian. Penilaian produk
dilakukan oleh ahli materi (Ustadz Hendrawanto, M.Pd. M.A) dan ahli media
(Ustadz Raden Ahmad Barnabas, M.Pd). Pada tahap implementasi ( uji coba )
melakukan Pengujian kelayakan media pembelajaran Kahoot di jurusan bahasa
Arab dengan 16 mahasiswa uji coba lapangan. Uji coba dilakukan untuk
mengetahui efektivitas dari produk yang dikembangkan. 5)Evaluasi (Evaluate),
Mengevaluasi produk berdasarkan hasil angket yang diberikan kepada ahli materi,
ahli media, dan mahasiswa Jurusan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta
Tingkat kelayakan media pembelajaran kahoot berdasarkan penilaian: 1)
Ahli Materi diperoleh rerata presentase skor 84,11% yang termasuk dalam kategori
Sangat Layak, 2) Ahli Media diperoleh rerata presentase skor 83,26% yang
termasuk dalam kategori Sangat Layak. 3) Penilaian kelayakan media oleh
mahasiswa uji coba lapangan diperoleh rerata presentase skor 79,49% yang
termasuk dalam kategori Sangat Layak. Dengan demikian, maka media kahoot
layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Bibliografi : lembar 90-97
SS00022712 | SK 22712 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain