Text
Analisis kesulitan pada keterampilan membaca bahasa Arab siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 3 Jakarta
ABSTRAK
FAIZAH NUZULIA, “Analisis Kesulitan Pada Keterampilan Membaca Bahasa
Arab Siswa Kelas VIII di SMP Muhammadiyah 3 Jakarta”. Skripsi. Jakarta:
Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Bahasa dan Seni Universitas
Negeri Jakarta, Juli 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang kesulitan pada
keterampilan membaca Bahasa Arab pada siswa kelas VIII di Smp Muhammadiyah
3 Jakarta yang diujikan melalui tes pilihan ganda, tes tertulis dan kuisioner.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
analitik, yang didasarkan pada analisis kesulitan membaca Bahasa Arab yang
diujikan melalui tes pilihan ganda, tes tertulis dan kuisioner, yang terdiri dari 26
Siswa di Kelas VIII di SMP Muhammadiyah 3 Jakarta. Pengambilan data ini
dilakukan berdasarkan rekomendasi dari guru Bahasa Arab kelas VIII di SMP
Muhammadiyah 3 Jakarta dengan menggunakan tes.
Hasil penilaian dalam tes pilihan ganda adalah 57% dan ini menunjukkan bahwa
kesulitan membaca Bahasa Arab untuk siswa dinyatakan cukup tinggi. Hasil
penilaian dalam tes tertulis adalah 48%. Ini menunjukkan bahwa kesulitan
membaca Bahasa Arab untuk semua siswa dinyatakan cukup tinggi. Hasil penilaian
dalam kuisioner adalah 70% dan ini menunjukkan bahwa kesulitan membaca
Bahasa Arab untuk semua siswa dinyatakan rendah. Dengan adanya penelitian ini
dapat diketahui kesulitan pada keterampilan membaca Bahasa Arab siswa
berdasarkan tes pilihan ganda, tes tertulis dan kuisioner menghasilkan skor rata-rata
58% dapat dikatakan bahwa kesulitan pada keterampilan membaca Bahasa Arab
kelas VIII di SMP Muhammadiyah 3 Jakarta dinyatakan “Cukup Tinggi”.
Bibliografi: lembar 78-81
SS00022714 | SK 22714 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain