Text
Pengembangan media pembelajaran untuk mata kuliah qiraah 1 dengan menggunakan program kahoot di program studi pendidikan bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
Nur Muzaenah, Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Mata Kuliah
Qiraah 1 Dengan Menggunakan Program Kahoot di Program Studi Pendidikan Bahasa
Arab Universitas Negeri Jakarta. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta. 2019
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran
menggunakan program kahoot untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa dan
penguasaan qiraah 1 pada mahasiswa tingkat awal di Pendidikan Bahasa Arab
Universitas Negeri Jakarta; mengetahui kelayakan media pembelajaran kahoot
berdasarkan penilaian dari ahli materi dan ahli media; dan mengetahui penilaian
mahasiswa di Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta terhadap media
pembelajaran kahoot.
Hasil penelitian melalui lima tahap dalam pengembangan media pembelajaran
menggunakan kahoot: 1) Analisis (Analysis), Analisis kebutuhan terhadap mahasiswa
dalam belajar. Jadi analisis ini sangat penting terhadap produk yang akan
dikembangkan, 2) Desain (Design), membuat desain dari produk yang akan
dikembangkan dengan memasukkan soal dan menambahkan gambar yang sesuai, 3)
Pengembangan (Development), Proses penilaian rancangan produk yang dilakukan
dengan memberi penilaian. Penilaian produk dilakukan oleh ahli materi (Ustadz Dr.
Muhammad Kamal, M.A) dan ahli media (Ustadz Ihwan Rahman Bahtiar, M.Pd), 4)
Implementasi (Implementation), Pengujian kelayakan media pembelajaran Kahoot di
Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta dengan 20 mahasiswa uji coba
lapangan. Uji coba dilakukan untuk mengetahui efektivitas dari produk yang
dikembangkan, 5)Evaluasi (Evaluate), Mengevaluasi produk berdasarkan hasil angket
yang diberikan kepada ahli materi diperoleh rerata presentase skor 89% yang termasuk
dalam kategori Sangat Layak, dan ahli media diperoleh rerata presentase skor 78% yang
termasuk dalam kategori Sangat Layak dan penilaian kelayakan media oleh mahasiswa
uji coba lapangan diperoleh rerata presentase skor 88% yang termasuk dalam kategori
Sangat Layak. Dengan demikian, maka kahoot layak digunakan sebagai media
pembelajaran.
Bibliografi : lembar 56-59
SS00022728 | SK 22728 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain