Text
Pengembangan media pembelajaran film bahasa Arab
ABSTRAK
Alya Rahma Widyanti, “Pengembangan Media Pembelajaran Film Bahasa Arab.” Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta, Juli 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media film pendidikan di Universitas Negeri Jakarta guna memudahkan pembelajaran bahasa Arab dan menjadikan bahasa Arab sebagai pembelajaran yang menarik.
Peneliti menggunakan metode penelitian pengembangan pada model Dick and Carey adalah pengembangan ADDIE dalam tiga tahap: analisis, desain dan pengembangan.
1) Analisis adalah proses mengidentifikasi masalah dan kebutuhan siswa. 2)Rancangan penulisan skenario film 3)Penulisan scenario. 4)Pengembangan Skenario 5)Perekaman film adalah pembawa acara dan pemain film merekam adegan pragmen sesuai dengan skrip yang ditulis 6)Editing film pendidikan adalah menyatukan adegan dalam film menjadi film yang utuh.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk film pembelajaran bahasa Arab dari ahli materi, hasil nilai sangat baik mendapat skor 96%. Dan dari pakar media, hasil nilai sangat baik mendapat skor 92%. Dari siswa, hasil nilai sangat bagus dengan skor 79%. Dan jumlah nilai keseluruhan adalah 89% berada dalam rentang antara 81 - 100 film pembelajaran bahasa Arab mencapai nilai "sangat baik". Oleh karena itu, film pembelajaran untuk bahasa Arab adalah media pembelajaran yang baik digunakan untuk guru dan murid.
Bibliografi : lembar 85-87
SS00022731 | SK 22731 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain