Text
Peningkatan penguasaan kosakata bahasa Arab dengan metode talking stick dalam pembelajaran bahasa Arab : penelitian tidakan kelas terhadap siswa kelas VII di SMP Islam Nuurrushshibyan Cileungsi.
ABSTRAK
IRVI NURFADHILAH, Peningkatan penguasaan kosakata Bahasa Arab dengan menggunakan Metode Talking Stick dalam pembelajaran Bahasa Arab (Penelitian Tindakan Kelas pada kelas 7 di SMP ISLAM NUURUSHSHIBYAN Cileungsi).Skirpsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta. Juli 2019.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa arab dengan metode talking stick dalam pembelajaran bahasa arab pada kelas 7 di SMP Islam Nuurushshibyan Cileungsi pada kelas 7 semester II Tahun Ajaran 2018-2019, yang dimulai dari bulan April hingga Mei 2019.
Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sumber data dalam penelitian ini mencakup siswa kelas 7 SMP Islam Nuurushshibyan Cileungsi yang berjumlah 34 siswa.
Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan melalui empat tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Hasil yang diperoleh pada siklus adalah: siklus I nilai rata-rata peningkatan kosakata Bahasa Arab adalah 69,26, pada siklus II nilai rata-rata peningkatan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas VII SMP Islam Nuurushshibyan Cileungsi meningkat menjadi 79,11. Kemampuan penguasaan kosakata bahasa Arab di siklus I dan siklus II terdapat peningkatan. Hasil dari siklus I sebesar 50,88% dan disiklus II sebesar 77,83%.
Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa terdapat peningkatan penguasaan kosakata bahasa Arab dengan menggunakan Metode Talking Stick pada siswa kelas VII di SMP Islam Nuurushshibyan Cileungsi.
Bibliografi : lembar 65-67
SS00022693 | SK 22693 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain