Text
Evaluasi program implementasi pembelajaran tematik terpadu di kelas I dan IV pada Sekolah Dasar Negeri (SDN) se-Kecamatan Menes Kabupaten Pandeglang
Evaluasi Program Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu
di Kelas I dan IV Pada Sekolah Dasar Negeri (SDN)
Se-Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu jenjang SD melalui penerapan model Countenance Stake, mengetahu tingkat kesesuaian pelaksanaan pembelajaran Tematik terpadu jenjang SD, mengetahui faktor-faktor yang menghambat pelaksanaan pembelajaran Tematik terpadu jenjang SD. Penelitian dilakukan di SDN di wilayah Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang dari bulan Maret sampai dengan Juni Tahun 2019. Studi peneilitian ini berpijak pada hasil penelitian kualititatif dengan metode deskriptif. Model penelitian menggunakan Countenance Stake. Sumber data diperoleh dari situasi yang wajar (natural setting).
Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data sebagai berikut, yaitu: (1) studi dokumentasi, (2) observasi, (3) wawancara.. Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa pembelajaran dilaksanakan dengan menerapkan pembelajaran tematik terpadu, namun dalam rumusan struktur kurikulum, dan kompetensi dasar termasuk penilaian menekankan penerapan pembelajaran dengan pendekatan mata pelajaran. Inkonsistensi kebijakan inilah yang menyebabkan di sekolah dasar termasuk SDN Kecamatan Menes mengalami kesulitan dalam menerapkan pembelajaran tematik terpadu,
Kata Kunci : Model Evaluasi Countenance Stake, Pembelajaran Tematik
Bibliografi : hlm. 204-205
TM00006070 | TM 6070 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.010) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain