Text
Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan motivasi berprestasi guru terhadap kinerja mengajar guru sekolah dasar negeri dan swasta di Kecamatan Bogor Timur
PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL
KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI BERPRESTASI GURU TERHADAP KINERJA MENGAJAR GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DAN SWASTA DI KECAMATAN BOGOR TIMUR
BEKTI RAHAYU
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kepemimpinan transformasional dan pengaruh motivasi guru terhadap kinerja guru-guru di sekolah dasar. Menekankan bahwa kinerja guru yang sangat baik dan bertanggung jawab atas pekerjaannya akan dapat meningkatkan kualitas sekolah.
Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif, pendekatan kuantitatif. Populasi yang menjadi objek penelitian ini adalah seluruh guru-guru di kecamatan Bogor Timur yang berjumlah 287 orang, sampel di ambil sebanyak 74 orang secara acak. Instrumen yang digunakan berupa angket mengenai sikap kepemimpinan transformasional kepala sekolah, motivasi berprestasi dan kinerja guru. Data yang diperoleh dari tes awal dan akhir kemudian diolah dan dianalisis menggunakan SPSS Serie 25.
Hasil penelitian diperoleh Pertama, kepemimpinan transformasional pengaruh langsung dan signifikan terhadap kinerja mengajar guru. Kedua, motivasi berprestasi berpengaruh langung dan signifikan terhadap kinerja mengajar guru, Ketiga, kepemimpinan transformasional berpengaruh langsung dan signifikan terhadap motivasi berprestasi.
Kata kunci : Kinerja Pengajaran, Motivasi Berprestasi, Kepemimpinan Transformasional
Bibliografi : hlm. 103-105
TM00006069 | TM 6069 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain