Text
Peningkatan pembelajaran passing bawah bola voli melalui metode pembelajaran kooperatif : penelitian tindakan di SMP Negeri 02 Solear Tangerang
PENINGKATAN PEMBELAJARAN PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF
DICKY SYATRIA
dickysyatria89@gmail.com
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya permainan dengan model kooperatif dapat meningkatkan pembelajaran passing bawah bola voli. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan dengan desain Kemmis dan Mc. Taggart meliputi empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Yang terdiri dari beberapa siklus dengan prosedur ini jika siklus kesatu tidak mencapai target 85%, maka dilakukan siklus kedua dan seterusnya hingga tercapai 85%. Hasil tes yang diperoleh pada saat observasi awal hanya ada empat siswa yang mencapai target nilai. Skor terendah 50 dan skor tertinggi 75. Selanjutnya pada siklus ke I terdapat peningkatan teknik dasar passing bawah dengan skor terendah 58 dan skor tertinggi 83. Pada siklus I terdapat peningkatan sebanyak 13 orang (65%) yang mencapai target belajar. Kemudian pada siklus II tingkat ketuntasan siswa meningkat dengan nilai terendah 67 dan nilai tertinggi 92. Yang berhasil mencapai target, pada siklus ke II sebanyak 17 orang (85%). Karena pada siklus II target keberhasilan tercapai maka peneliti tidak melanjutkan penelitian pada siklus berikutnya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif dapat meningkatkan dalam mempraktikan teknik dasar passing bawah bola voli pada siswa di SMP Negeri 02 Solear Tangerang
Kata kunci : Pembelajaran, Passing Bawah Bola Voli, Pembelajaran Kooperatif
Bibliografi : hlm. 93-95
TM00006027 | TM 6027 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain