Text
Pengaruh strategi pembelajaran dan self efficacy belief terhadap kemampuan penalaran IPA siswa SD kelas IV SDI Sinar Cendikia Serpong
STRATEGI PEMBELAJARAN DAN SELF EFFICACY BELIEF TERHADAP
KEMAMPUAN PENALARAN IPA : STRATEGI PEMBELAJARAN CREATIVE
PROBLEM SOLVING DAN PROBLEM SOLVING
Annisa Nurul Aini, Mohamad Syarif Sumantri, Wardani Rahayu
nurulainiannisa@gmail.com
Pendidikan Dasar. Universitas Negeri Jakarta.
ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran
CPS (Creative Problem Solving) dan strategi pembelajaran Problem Solving ditinjau
dari self efficacy belief siswa terhadap kemampuan penalaran IPA. Penelitian ini
dilaksanakan di kelas IV SDI Sinar Cendekia Kec. Serpong Kota Tangerang Selatan
dengan menggunakan rancangan Eksperimen Faktorial Treatment by Level 2x2.
Analisis data menggunakan analisis varians (ANAVA) dua jalur. Hasil penelitiannya
adalah: Secara umum, pada pembelajaran sains strategi pembelajaran creative problem
solving lebih efektif dibandingkan dengan strategi pembelajaran problem solving dalam
meningkatkan kemampuan penalaran. Siswa yang memiliki self efficacy belief tinggi
tentunya lebih berani dalam mengungkapkan pendapat, berani dalam mengambil
keputusan, dan tidak selalu bergantung pada orang lain. Sikap tersebut memancing daya
nalar siswa dalam menyelesaikan tugas dan masalahnya dengan penuh percaya diri.
Sehingga, terdapat pengaruh interaksi antara penggunaan strategi pembelajaran dan self
efficacy belief yang dimiliki siswa dalam meningkatkan kemampuan penalaran pada
mata pelajaran IPA.
Kata Kunci: Strategi pembelajaran creative problem solving, strategi pembelajaran
problem solving, self efficacy belief, kemampuan penalaran
Bibliografi : hlm. 102-105
TM00006060 | TM 6060 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain